PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ahmat dan Hidayah Allah SWT sehingga buku panduan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumbawa Tahun 2015 dapat tersusun.
Buku panduan ini berisi konsep, mekanisme dan petunjuk teknis lainnya mengenai penyelenggaraan rangkaian kegiatan musyawarah perencanaan di tingkat Kabupaten, mulai dari Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat daerah (Forum Gabungan SKPD), Pra Musrenbang dan Musrenbang Kabupaten.
Rangkaian pelaksanaan Murenbang Kabupaten merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan, yang bertujuan antara lain menghasilkan bahan utama dalam pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja SKPD (Renja SKPD) Tahun 2015. Atas dasar RKPD dan Renja SKPD tersebut Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menyusun Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran (PPAS) dan Rancangan Perda APBD Tahun Anggaran 2015.
Melalui proses perencanaan berjenjang dengan pelibatan stakeholder dalam setiap tahapannya, diharapkan dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang realistis dan menjawab permasalahan pembangunan yang sedang kita hadapi. Harapan kami, semoga melalui buku panduan ini pelaksanaan rangkaian kegiatan Musrenbang Kabupaten berjalan lancar.

Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment